Berikut ini merupakan langkah – langkah untuk mengubah foto biasa menjadi foto I, dengan menggunakan software photoshop…

1. Buka Foto dan Duplikasi
Pertama-tama bukalah foto Anda yang ingin diedit. Usahakan foto yang ingin diberikan efek ini adalah foto yang kaya akan warna-warna dan cahaya yang natural, seperti cahaya matahari misalnya. Setelah foto Anda terbuka di halaman kerja Photoshop, duplikasilah foto ini dengan cara mengklik dan drag layer foto tersebut menuju ke icon “Create a new layer” *. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga jika foto aslinya tidak rusak selama proses pengeditan dan akan mudah untuk dikembalikan menjadi bentuk semula jika terjadi kesalahan.

2. Buat Channel Mixer
Setelah foto selesai terduplikasi, langkah selanjutnya buatlah channel mixer pada layer duplikasi tadi. Caranya kliklah menu Layer|New Adjustment Layer|Channel Mixer… Setelah dialog box-nya muncul klik tombol OK, maka menu pengaturannya akan muncul. Pada menu pengaturan centanglah opsi Monochrome, maka semua warna pada foto tersebut hilang. Setelah itu, aturlah nilai parameter Red menjadi -100%, nilai parameter Green menjadi +200%, dan Blue menjadi +30%. Setelah selesai klik tombol OK, maka foto Anda kini tanpa warna dan terkesan lebih misterius.

3. Blur dan Blending Mode
Setelah selesai dengan channel mixer, langkah berikutnya adalah memberikan sedikit efek blur pada layer duplikasi ini. Caranya, kliklah layer duplikasi, kemudian klik menu Filter|Blur|Gaussian Blur. Setelah menu pengaturannya terbuka, berikan nilai Radius blur sekitar 20 pixel. Setelah selesai klik OK, maka foto Anda menjadi sangat buram. Setelah foto tampak buram, ubahlah blending mode dari layer ini. Caranya kliklah drop down menu Blending mode yang ada pada tab Layers bagian kiri atas. Setelah opsinya muncul pilih blending mode Lighten. Yang terjadi adalah foto Anda kini memiliki efek-efek cahaya berkesan mistis.

4. Atur Nilai Curves
Setelah selesai, langkah berikutnya adalah mengatur nilai Curves. Tujuan diaturnya nilai Curves ini adalah agar area-area bayangan yang ada di foto menjadi tampak lebih detail dengan diaturnya parameter Curves ini. Caranya, mulailah dengan mengklik menu Image|Adjustments|Curves… Setelah menu pengaturannya muncul, aturlah bentuk curves menjadi seperti gambar di bawah ini. Setelah semuanya selesai kliklah tombol OK, maka foto Anda lebih detail pada area bayang-bayangnya.

5. Buat Layer Grain
Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah layer baru yang berisi grain-grain kasar. Caranya, kliklah layer yang paling atas kemudian buatlah sebuah layer yang baru dengan mengklik tombol Create a new layer. Setelah diklik, maka layer baru akan terbentuk dan berada pada posisi paling atas. Kemudian isilah layer baru tersebut dengan warna 50% Gray. Caranya kliklah menu Edit|Fill… Pada menu pengaturannya pilihlah opsi 50% Gray pada kolom Use, dan biarkan opsi Preserve Transparency tetap tidak tercentang . Setelah selesai klik tombol OK, maka seluruh foto tampak hanya berwarna abu-abu saja. Kemudian ubahlah blending mode dari layer abu-abu ini menjadi Overlay.

6. Tambahkan Noise
Setelah foto tampak kembali, berikanlah sedikit noise pada foto ini. Tujuannya agar hasil akhirnya nanti tampak agak kasar dan noisy sehingga menimbulkan kesan mistis dan infrared look. Cara menambahkan noise, kliklah menu Filter|Noise|Add noise. Setelah pengaturannya terbuka, berikan besar noise sebanyak 21% atau tergantung pada selera Anda. Pilihlah opsi Gaussian dan centanglah opsi Monochromatic. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan efek grainy yang kasar sehingga foto akan benar-benar tampak seperti beresolusi rendah dan diambil dengan menggunakan efek infrared.

7. Infrared Look Telah Selesai
Setelah semua langkah selesai Anda kerjakan, kini foto Anda sudah tampak seperti dijepret dengan menggunakan efek infrared. Nuansa misterius dan berkesan Gothic akan tampak pada hasil akhirnya ini. Anda dapat menggunakan foto ini untuk berbagai keperluan desain lainnya seperti misalnya membuat situs, membuat brosur, dan banyak lagi. Satu langkah lagi yang perlu Anda lakukan sebelum menyimpan foto ini adalah melakukan Flatten image agar semua layer di dalamnya menyatu. Caranya kliklah menu Layer|Flatten image. Setelah selesai, semua layer Anda telah menyatu dan ukuran file akan berkurang.

Sebelum di edit :

original.jpg

Sesudah di edit :

final-result2.jpg